Strategi Komunikasi Pemasaran Teraskita Hotel di Masa Pandemi Covid-19
Main Article Content
Abstract
Marketing communication strategy in a company plays an important role in the sustainability of the company. With a marketing communication strategy, companies can inform their products and services to consumers and customers, resulting in purchases that give the company the desired results in the form of income gains. This research was conducted with the aim of providing an overview of the marketing communication strategy implemented by hotels that were just operating during the Covid-19 pandemic by conducting a case study at Teraskita Hotel Makassar Managed by Dafam. Data collection techniques used in this descriptive qualitative research, which was conducting interviews with related parties who designed and implemented marketing communication strategies at Teraskita Hotel Makassar and observations. The results of this study indicated that the marketing strategy implemented by Teraskita Hotel Makassar is public relations through CSR and communication maintenance with customers, marketing through online and offline advertising, direct marketing, and personal selling, as well as cooperation with travel agents.
Abstrak
Strategi komunikasi pemasaran dalam suatu perusahaan berperan penting dalam keberlangsungan perusahaan tersebut. Dengan adanya strategi komunikasi pemasaran, maka perusahaan dapat menginformasikan produk dan layanannya kepada konsumen dan pelanggan, sehingga terjadi pembelian yang memberikan hasil yang diinginkan perusahaan berupa keuntungan pendapatan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memberikan informasi gambaran strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan hotel yang baru beroperasional di masa pandemi Covid-19 dengan melakukan studi kasus pada Teraskita Hotel Makassar Managed by Dafam. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian kualitatif deskriptif ini, yaitu dengan melakukan wawancara pihak terkait yang merancang dan melaksanakan strategi komunikasi pemasaran di Teraskita Hotel Makassar dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang diterapkan oleh Teraskita Hotel Makassar yaitu public relations melalui CSR dan maintenenance komunikasi dengan customer, pemasaran melalui periklanan secara daring dan luring, pemasaran langsung, dan penjualan perseorangan, serta kerja sama pada dengan travel agent.
Downloads
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
References
Budiarta, I. P., Solihin, S., Arjana, I. W. B., & Suja, I. K. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Aston Hotel Kupang dalam Meningkatkan Minat Pengunjung di Masa Pandemi Covid-19. Hospitality, 10(2).
Diayudha, L. (2020). Industri Perhotelan Di Indonesia Pada Masa Pandemi Covid-19: Analisis Deskriptif. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 3(1). https://doi.org/10.30813/fame.v3i1.2166
Firmansyah, M. A. (2020). Komunikasi Pemasaran (Issue July).
Krisnahadi, T., Septika, B. H., & Aryani, M. (2020). Implikasi Covid-19 Terhadap Pendapatan Hotel Di Kawasan Sembalun Lombok Timur (Studi Kasus Pada Rinjani Hill Hotel). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(4). https://doi.org/10.36312/jisip.v4i4.1481
Masatip, A., Maemunah, I., Rosari, D., & Anggreani, C. (2020). Analisis Strategi Pemasaran pada Hotel Inna Parapat dalam Situasi Pandemi Covid-19. Jurnal Akademi Pariwisata Medan, 8(2), 150–159. https://doi.org/10.36983/japm.v8i2.85
Nurjaman, K. (2021). Manajemen Pemasaran Hotel Untuk Dalam Mempertahankan Pelanggan Di Masa New Normal. AKSELERASI: Jurnal Ilmiah Nasional, 3(3), 72–78. https://doi.org/10.54783/jin.v3i3.486
Sari, D. C., Wardhana, A., Arfah, A., Darwin, M., Sulaiman, E., Rahmawan, G., Ridwan, M., Hastutik, S., Poltak, H., & Sangadji, S. S. (2021). Manajemen Pemasaran. Media Sains Indonesia dan Penulis. https://books.google.co.id/books?id=t9ExEAAAQBAJ&printsec=frontcover&source=gbs_ge_summary_r&cad=0#v=onepage&q&f=false
Turmudi, M., & Fatayati, S. (2021). Komunikasi Pemasaran Jasa Pendidikan. Indonesian Journal of Humanities, 2(1), 69–78. https://ejournal.iai-tribakti.ac.id/index.php/IJHSS/article/view/1910
Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1), 38–56. https://doi.org/10.25139/jkp.v5i1.3003