Peran Brand Image Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Iklan Kecik Harian Suara Merdeka

Main Article Content

Meiske Nadia Damayanti
Rahmawati Zulfiningrum

Abstract

Before doing marketing activities, several marketing communication strategies are needed. Suara Merdeka, as a legendary newspaper company in Central Java, applies the STP (Segmenting, Targeting, Positioning) strategy to support the role of Suara Merdeka brand image to attract public interest in kecik advertisements. This research method is descriptive qualitative, using the interviews data. The results of this data analysis are then applied using a segmenting strategy where Suara Merdeka uses demographic, geographic, and behavioral segmentation. For the targeting strategy, Suara Merdeka uses Selective Specialization where the company determines the market segment according to its objectives and resources. Thus, two main targets of Suara Merdeka market were formed, namely the Existing Brand and the New Brand. The targeting strategy is narrowed down to several categories such as automotive; house; career; as well as sundries such as services, loss information, and building property materials. In its positioning strategy, Suara Merdeka Merdeka uses its image as a legendary company with a distribution in Central Java, with six regional offices in 29 districts in Central Java. The role of brand image using the STP strategy able to influence consumer interest in placing kecik advertisements at Suara Merdeka.


Abstrak


Sebelum melakukan kegiatan pemasaran, dibutuhkan beberapa strategi komunikasi pemasaran agar tujuan perusahaan dapat tercapai. Suara Merdeka sebagai perusahaan koran legendaris di Jawa Tengah, menerapkan strategi STP (Segmenting, Targeting, Positioning) sebagai pendukung peran brand image Harian Suara Merdeka. Penelitian ini bertujuan mengetahui peran brand image Suara Merdeka menggunakan strategi segmenting, targeting, dan positioning yang dilakukan oleh Suara Merdeka untuk menarik minat masyarakat agar melakukan tindakan pemasangan iklan kecik. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan menggunakan data wawancara. Hasil analisis data ini kemudian diterapkan menggunakan strategi segmenting dimana Suara Merdeka menggunakan segmenting demografis, geografis, dan perilaku. Untuk strategi targeting, Suara Merdeka menggunakan Selective Specialization dimana, perusahaan menentukan segmen pasar yang sesuai dengan tujuan serta sumber daya yang dimiliki. Sehingga terbentuk dua target utama pasar Suara Merdeka, yaitu Existing Brand dan New Brand. Strategi targeting tersebut mengerucut pada beberapa kategori seperti otomotif; griya; karir; serta serba-serbi seperti jasa, info kehilangan, dan bahan properti bangunan. Pada strategi positioning, Suara Merdeka Merdeka menggunakan citra nya sebagai perusahaan legendaris dengan persebaran di Jawa Tengah, dengan memiliki enam kantor wilayah di 29 Kabupaten di Jawa Tengah. Peran brand image menggunakan strategi STP mampu mempengaruhi minat konsumen untuk melakukan pemasangan iklan kecik di Suara Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Damayanti, M. N., & Zulfiningrum, R. (2022). Peran Brand Image Sebagai Strategi Komunikasi Pemasaran Iklan Kecik Harian Suara Merdeka. Jurnal Komunikasi Nusantara, 4(1), 106-115. https://doi.org/10.33366/jkn.v4i1.119
Section
Articles

References

Aditya, W. R. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran : (Studi Pada Event Tupperware Home Party Dalam Menjaga Loyalitas Konsumen PT. Riau Cahaya Utami di Kota Pekanbaru). 4(1), 5–24.

Amri, R. R., & Rizqina, R. M. (2019). Analisa Rebranding Terhadap Brand Association Dengan Brand Image Sebagai Mediasi Terhadap Brand Loyalty Pada Konsumen Gojek Surabaya. 2(2).

Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu (U. Press (ed.)). UB Press.

Giantari, I., Utama, I., & Wardani, N. (2020). Peran Brand Love Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Word of Mouth. Juima: Jurnal Ilmu Managemen, 10(1), 54–61. http://e-journal.unmas.ac.id/index.php/juima/article/view/1072

Isnawati, D. M., & Sudrajat, R. H. (2021). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran Koseeker dalam Upaya Menarik Minat Penyewa Pada Masa Pandemi Covid-19 Marketing Communication Strategy Analysis Of Koseeker In An Effort To Attract The Interest Of Renter During Covid-19 Pandemic. 8(5), 6729–6736.

Mardiyanto, D., & Giarti. (2019). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran (Studi Kasus Strategi Komunikasi Pemasaran Merchandise di Kedai Digital 8 Solo). Jurnal Ilmiah Edunomika, 3(01), 60–66. https://doi.org/10.29040/jie.v3i01.470

Meifilina, A. (2021). Media Sosial sebagai Strategi Komunikasi Politik Partai Golkar dalam Melakukan Pendidikan Politik. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 101–110. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i2.80

Ningsih, D. (2019). Analisa Brand Image Dalam Pengambilan Keputusan Memilih Perguruan Tinggi. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(1), 55. https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i1.3605

Purnama, D., & Ernani. (2016). Penerapan Strategi Pikir Plus Terhadap Kemampuan Menulis Iklan Baris. July, 1–23.

Restendy, M. S. (2020). Dinamika Produksi Media Cetak Dan Tantangan Industri Pers Di Indonesia. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Ilslam, 1(2), 141–164.

Suherman, K. (2016). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Kegiatan Pemasaran Produk Consumer Goods PT. Expand Berlian Mulia di Semaran. Jurnal Komunikasi, 8(1), 83–98.

Sulaksono, D. (2017). Analisis Aspek Gramatikal Dan Leksikal Iklan Kecik Dalam Surat Kabar Solopos. 13–21.

Supriyadi, Yuntawati Fristin, G. I. K. . (2016). Pengaruh Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Mahasiswa Pengguna Produk Sepatu Merek. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Merdeka Malang, 3(1).

Syarifudin, S., & Saepudin. (2017). Strategi Komunikasi Pemasaran Dompet Dhuafa Dalam Meningkatkan Kepercayaan Muzakki. Jurnal Bricolage, 2(1), 56. https://journal.ubm.ac.id/index.php/bricolage

Syarifudin, S., & Saepudin. (2018). Strategi Pemasaran Radio Dakta 107 FM. Jurnal Makna, 3(2), 69–84.

Widodo, H. P., & Maryama, M. (2021). Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning dalam Membentuk Brand Image Kafe Pan Java. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 129–139. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i2.85