Hashtag dan Community Engagement Konten Perkembangan Ekonomi Kreatif Cirebon pada Media Sosial Instagram

Main Article Content

Dessy Kushardiyanti
Suryadi
Novy Khusnul Khotimah

Abstract

This research traces and analyzes the content of Instagram's social media to see community engagement through a series of online news on Instagram, especially in the creative economy sector. Descriptive qualitative-based research method with content analysis approach by searching # (hashtag) with the keyword Cirebon and grouping several accounts to see engagement based on followers and number of uploads to see activity on the content through captions or image descriptions as well as community involvement as Instagram users. The results of the study state that the role of Instagram social media in terms of content analysis has a major impact and influence on the economic development in the city of Cirebon in terms of opinions, invitations, and education of several Instagram account users because it can be seen that there is community engagement in several uploads to advance the city of Cirebon as a service city in Indonesia. The participation of business actors/entrepreneurs makes a major contribution to the development economy and creative economy because of the findings and the number of entrepreneurs who have goods and services with their own uniqueness and the large use of social media Instagram as one of the uses of technology seen from Rostow's economic theory of development.


Abstrak


Penelitian ini menelusuri dan menganalisis konten media sosial Instagram untuk melihat community engagement melalui serangkaian berita-berita online di Instagram, khususnya di sektor ekonomi kreatif. Metode penelitian berbasis kualitatif deskriptif dengan pendekatan analisis konten, menelusuri # (hashtag) dengan kata kunci Cirebon dan melakukan pengelompokan beberapa akun guna dilihat engagement berdasarkan followers dan jumlah uggahan untuk melihat aktivitas pada konten tersebut melalui caption atau deskripsi gambar serta keterlibatan masyarakat sebagai pengguna Instagram. Hasil penelitian menyebutkan peran sosial media Instagram ditinjau dari analisis konten memberikan dampak dan pengaruh besar terhadap ekonomi pembangunan di kota Cirebon ditinjau dari pendapat, ajakan, edukasi beberapa pengguna akun Instagram karena terlihat adanya community engagement di beberapa unggahan untuk memajukan kota Cirebon sebagai kota jasa di Indonesia. Peran serta pelaku usaha/wirausaha memberikan kontribusi besar terhadap ekonomi pembangunan dan ekonomi kreatif karena temuan dan banyaknya pelaku wirausaha memiliki barang dan jasa dengan keunikan masing-masing serta besarnya penggunaan sosial media Instagram sebagai salah satu pemanfaatan teknologi dilihat dari teori ekonomi pembangunan Rostow.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kushardiyanti, D., Suryadi, & Khotimah, N. K. (2022). Hashtag dan Community Engagement Konten Perkembangan Ekonomi Kreatif Cirebon pada Media Sosial Instagram. Jurnal Komunikasi Nusantara, 4(1), 24-32. https://doi.org/10.33366/jkn.v4i1.135
Section
Articles

References

Ayuningtyas, R. S. (2020). Resistensi Jobi Adhiguna atas Wacana Diskursus Masyarakat Mengenai Gender (Analisis Isi Kualitatif Video Blog Jovi Adhiguna Hunter Pada Channel Youtube). Skripis. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. (2020). Laporan Kinerja Badan Ekonomi Kreatif tahun 2019. Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif.

Dozier, A. (2017). The Value of Social Networking in community engagement. In Principle of community engagement. Washington DC: ATSDR.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Leaver, T., Highfield, T., & Abidin, C. (2020). Instagram Visual Social Media Cultures. United Kingdom: Polity Press.

Lokadata Badan Ekonomi Kreatif Indonesia. (2020). PDB Ekonomi Kreatif 2010-2020. Data Proyeksi PDB Ekonomi Kreatif Sumber Badan Ekonomi Kreatif. Jakarta: Badan Ekonomi Kreatif.

Manovich, L. (2001). Language of New Media. London: MIT Press, cop

Mayring, P. (2019). Qualitative Content Analysis Demarcation, Varieties, and Development. Journal Forum Qualitative Social Research, 20(3), 63.

McCloskey, D. J., McDonald, M. A., & Cook, J. (2017). community engagement: definitions and organizing concepts from the literature (2 ed.). Washington DC: ATSDR.

Mulyani, E. (2017). Ekonomi Pembagunan. In Angewandte Chemie International Edition (Vol. 6). Yogyakarta: UNY Press.

Norhabiba, F., & Putri, S. A. R. (2018). Hubungan Intensitas Akses Media Baru dan Kualitas Interaksi Lingkungan Sekitar pada Mahasiswa Untag Surabaya. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(1), 8–15. https://doi.org/https://doi.org/10.14710/interaksi.7.1.8-15

Pemerintah Kota Cirebon. (2021). Selayang Pandang Kota Cirebon. Diambil 20 Maret 2021, dari Artikel Profile Daerah Provinsi Jawa Barat website: jabarprov.go.id/index.php/pages/id/1061

Purnomo, R. A. (2016). Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta: Ziyad Visi Media.

Wartoyo, & Haida, N. (2020). Pemetaan Industri Kreatif di Kota Cirebon (Prospek dan Tantangannya dalam Upaya Peningkatan Ekonomi Masyarakat). At-tijaroh: Jurnal Ilmu Manajemen dan Bisnis Islam, 6(2), 230–250.

Zulzilah, S., Prihantoro, E., & Wulandari, C. (2019). The Influence Of Destination Image, Novelty Seeking, And Information Quality In Social Media: The Case Of Media News Company Indonesian Tourism On Instagram. Asian Journal of Media and Communication (AJMC), 3(1), 23–32.