Analisis Efektivitas Pesan Kampanye Peningkatan Keselamatan di Perlintasan Sebidang PT KAI Daop 2 Bandung

Main Article Content

Zahra Fuadah Nelansari
Sri Surjani Tjahjawati

Abstract

Persuasive communication through the #DisiplinPerlintasan social campaign is a strategy to raise motorists’s self-awareness to change their behavior into discipline in railroad crossings. This campaign is become the Sustainability Support Program for PT Kereta Api Indonesia (Persero) with the Directorate General of Transportation's program, "Roadmap To Zero Accident". This research aims to analyze the effectiveness of persuasive communication from designing campaign message, namely verbalization, visualization, illustratios, and five types of message appeals. The research method used is a quantitative method with descriptive statistical approach using persuasion communication effects which are interpreted through the analysis of the campaign messages content according to Onong U. Effendy and Antar Venus. Data collection techniques using a questionnaire research instrument. The result showed that the campaign message design strategy had a "high" level of effectiveness on cognitive, affective, and conative effects. Motorcyclists are affected by the persuasion effect of campaign which makes them understand the objectives of the campaign, feel empathy for the message, and motivated to change behavior that is in line with the purpose of the campaign. It was concluded that all indicators of messages content used became an effective element in creating campaign persuasion effects that build changes in the motorists’s behavior.


Abstrak


Komunikasi persuasi melalui kampanye sosial #DisiplinPerlintasan merupakan strategi untuk membangkitkan kesadaran diri pengendara bermotor agar mengubah perilakunya menjadi disiplin di area perlintasan sebidang. Kampanye ini sebagai implementasi Program Pendukung Keberlanjutan PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang sesuai dengan program Dirjen Perhubungan, “Roadmap To Zero Accident”. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas komunikasi persuasi dari perancangan pesan kampanye yang meliputi indikator verbalisasi, visualisasi, ilustrasi, dan lima jenis imbauan pesan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif pendekatan statistik deskriptif menggunakan efek komunikasi persuasi yang diinterpretasikan melalui analisis isi pesan kampanye menurut Onong U. Effendy dan Antar Venus. Teknik pengumpulan data memanfaatkan instrumen penelitian angket/kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi perancangan pesan kampanye memiliki tingkat efektivitas “tinggi” terhadap efek kognitif, efek afektif, dan efek konatif. Pengendara bermotor terpengaruh efek persuasi kampanye yang menjadikannya paham atas tujuan kampanye, merasa empati terhadap pesan, hingga membentuk perilaku yang sesuai dengan tujuan kampanye. Disimpulkan bahwa seluruh indikator isi pesan yang digunakan, menjadi unsur efektif dalam menciptakan efek komunikasi persuasi kampanye yang membangun perubahan perilaku pengendara bermotor.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Nelansari, Z. F., & Tjahjawati, S. S. (2022). Analisis Efektivitas Pesan Kampanye Peningkatan Keselamatan di Perlintasan Sebidang PT KAI Daop 2 Bandung. Jurnal Komunikasi Nusantara, 4(2), 223-236. https://doi.org/10.33366/jkn.v4i2.160
Section
Articles

References

Arifuddin, & Risal, M. C. (2021). Kepatuhan Terhadap Peraturan Lalu Lintas ( Studi Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar ). Sisayatuna, 2(1), 1–12.

Asay, L. (2013). The Importance of Explicitly Mapping Instructional Analogies in Science Education by. University of Nevada.

Damiati, Masdarini, L., & Suriani, M. (2017). Perilaku Konsumen. Depok: Raja Grafindo Persada.

Djarwanto, P., & Subagyo, P. (2011). Statistik Induktif (4th ed.). Yogyakarta: BPFE.

Effendy, O. U. (2009). Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Fitriyah, L. A., Wijayadi, A. W., Manasikana, O. A., & Hayati, N. (2019). Menanamkan Efikasi Diri dan Kestabilan Emosi. Jombang: LPPM UNHASY Tebuireng Jombang.

IPRA. Kode Etik IPRA. , Pub. L. No. NOMOR 20/IPRAHUMAS/1/IX/2018, 3 (2018). Indonesia.

Ivani, N., & Nurhayati, I. K. (2019). Analisis Isi Kualitatif Daya Tarik Pesan Humor Dalam Iklan Toyota Di Youtube. E-Proceeding of Management, 7(2), 28–35.

Jefkiens, F., & Yadin, D. (2014). Public Relations. Jakarta: Erlangga.

Kencana, M. R. (2022). Rawan Kecelakaan, Waspada Perlintasan Sebidang Kereta Api di Jalur Mudik Lebaran. Retrieved June 26, 2022, from Liputan6.com website: https://www.liputan6.com/bisnis/read/4934938/rawan-kecelakaan-waspada-perlintasan-sebidang-kereta-api-di-jalur-mudik-lebaran

Morissan. (2018). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa (4th ed.). Jakarta: Prenadamedia Group.

Normawati, Maryam, S., & Priliantini, A. (2018). Pengaruh Kampanye “Let’s Disconnect To Connect” Terhadap Sikap Anti Phubbing : (Survei Pada Followers Official Account Line Starbucks Indonesia). Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(3), 156.

Perkeretaapian, K. P. D. J. (2021). Buku Statistik Bidang Perkeretaapian Semester 1 Tahun 2021.

Perloff, R. (2021). The Dynamics of Persuasion (7th ed.). New York: Routledge.

Prida A.A.A. (2012). Public Relations (Pr) Dan Kesalahpahaman Publik Atas Pemaknaan Sebuah Profesi. Scriptura, 1(2), 27–38. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/iko/article/view/16681

PT Kereta Api Indonesia (Persero). (2022). KAI Ajak Semua Pihak Tingkatkan Keselamatan di Perlintasan Sebidang. Siaran Pers KAI.

Ratnasari, E., Sumartias, S., & Romli, R. (2020). Penggunaan Message Appeals dalam Strategi Pesan Kampanye Anti Kekerasan Berbasis Gender Online. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 352. https://doi.org/10.31315/jik.v18i3.3844

Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan PT KAI Tahun 2021. (2021).

Ruslan, R. (2013). Kampanye Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Methods for Business. In A Skill-Building Approach. Chichester: Wiley.

Setiorini, A. (2021). Perilaku Konsumen. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Smith, R. (2013). Strategic Planning For Public Relations. New York: Routledge. https://doi.org/https://doi.org/10.4324/9780203081242

Stylos, N., Bellou, V., Andronikidis, A., & Vassiliadis, C. A. (2017). Linking the dots among destination images , place attachment , and revisit intentions : A study among British and Russian tourists. Tourism Management Elsevier, 60, 15–29. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2016.11.006

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Venus, A. (2019). Manajemen Kampanye Panduan Teoretis dan Praktis Dalam Mengefektifkan Kampanye Komunikasi Publik (Revisi Cet). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Witabora, J. (2012). Peran Dan Perkembangan Ilustrasi. Humaniora, 3(2), 659–667.

Zhao, X., Roditis, M., & Alexander, T. (2019). Fear and Humor Appeals in “The Real Cost” Campaign: Evidence of Potential Effectiveness in Message Pretesting. American Journal of Preventive Medicine, 56(2), S31–S39. https://doi.org/10.1016/j.amepre.2018.07.033