Pengaruh Terpaan dan Kredibilitas Instagram @Netflixid Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Trailer Film Bagi Followers

Main Article Content

Virda Gines Hendarsih
Emilianshah Banowo

Abstract

The study aims to determine whether there is an influence of the exposure and credibility of the Instagram account @netflixid fulfillment of information needs of film trailers for followers. The approach used is quantitative and uses the positivism paradigm. The uses and gratification theory and new media theory are theories used in this study. Questionnaires become research data collection instrument in collecting the required data. The population in this study is followers of the Instagram account @netflixid with as many as 1 million followers and a sample of 400 respondents from calculations using the Slovin formula. The results of this study are the effect of exposure and credibility on the fulfillment of information needs of film trailers for followers by 31,1% and the influence of other factors. The level of correlation between variables shows a medium level and positive relationship. This study also shows that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is influence and credibility particularly and simultaneously on fulfillment of information needs of film trailers for followers.


Abstrak


Penelitian ini memiliki tujuan agar mengetahui adakah terpaan dan kredibilitas akun Instagram @netflixid memengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi trailer film bagi followers. Pendekatan pada kajian ini, yaitu pendekatan kuantitatif dan menggunakan paradigma positivisme. Teori uses and gratification dan teori new media merupakan teori yang dipergunakan pada kajian ini. Kuesioner sebagai instrumen pengambilan data penelitian dalam mengumpulkan data yang diperlukan. Populasi kajian ini merupakan followers akun Instagram @netflixid sebanyak 1 juta dengan sampel sejumlah 400 responden dari hitungan mempergunakan rumus Slovin. Hasil yang diperoleh pada kajian ini memperlihatkan terpaan dan kredibilitas memengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi sebesar 31,1% dan sisanya dipengaruhi faktor lainnya. Tingkat korelasi antar variabel menunjukkan tingkat hubungan yang sedang dan positif. Kajian ini pun mempunyai hasil Ho tertolak, sedangkan Ha diterima yang bisa diperjelas bila terpaan dan kredibilitas secara parsial dan simultan memengaruhi pemenuhan kebutuhan informasi trailer film bagi followers.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Hendarsih, V. G., & Banowo, E. (2023). Pengaruh Terpaan dan Kredibilitas Instagram @Netflixid Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Trailer Film Bagi Followers. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(1), 102-113. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i1.228
Section
Articles

References

Ashari, H. (2022). Belum Tayang, Trailer Drakor All Of Us Are Dead Ditonton 10 Juta Kali di Youtube. Okezone.Com. https://celebrity.okezone.com/amp/2022/01/23/206/2536584/belum-tayang-trailer-drakor-all-of-us-are-dead-ditonton-10-juta-kali-di-youtube

Fauziyyah, S. N., & Rina, N. (2020). Literasi Media Digital: Efektivitas Akun Instagram@ infobandungraya Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 13–24.

Gunawan, C. (2020). Mahir Menguasai SPSS Panduan Praktis Mengolah Data Penelitian New Edition Buku Untuk Orang yang (Merasa) Tidak Bisa dan Tidak Suka Statistika. Deepublish.

Jemadu, L., & Prastya, D. (2022a). Jumlah Pengguna Internet Indonesia Capai 204,7 Juta di Tahun 2022. Suara.Com. https://www.suara.com/tekno/2022/02/21/163932/jumlah-pengguna-internet-indonesia-capai-2047-juta-di-tahun-2022?page=1

Jemadu, L., & Prastya, D. (2022b). Jumlah Pengguna Media Sosial Instagram Capai 191,4 Juta per 2022. Suara.Com. https://amp.suara.com/tekno/2022/02/23/191809/jumlah-pengguna-media-sosial-indonesia-capai-1914-juta-per-2022

Mamis, S. (2020). Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Baru Dalam Komponen Pembelajaran. Al-Munzir, 13(2), 253–272.

Maulida, H. (2020). Kredibilitas Komunikator Jurus Sehat Rasulullah di Kalangan Followers Instagram@ Zaidulakbar (Communication Credibility of the Healthy Way of the Prophet on Instagram Followers@ Zaidulakbar). Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 1–20.

Munawwaroh, P. R., & Lubis, E. E. (2018). Pengaruh Terpaan Media Pada Akun Instagram@ Exploresiak Terhadap Minat Kunjungan Wisata Ke Siak Sri Indrapura (Doctoral dissertation, Riau University). Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 5(1), 1–13.

Nugraha, B. (2022). Pengembangan Uji Statistik: Implementasi Metode Regresi Linier Berganda dengan Pertimbangan Uji Asumsi Klasik. Pradina Pusuka.

Putra, R. D., Sukaesih, S., Erwina, W., & Khoerunnisa, L. (2021). Penggunaan Website Sumbar Travel Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Wisatawan Di Sumatera Barat. Jurnal Kajian Informasi & Perpustakaan, 9(2), 219–232.

Rizky, M. Y., & Stellarosa, Y. (2017). Preferensi Penonton Terhadap Film Indonesia. Communicare: Journal of Communication Studies, 4(1), 15–34.

Rohmah, N. N. M. (2020). Media Sosial Sebagai Media Alternatif Manfaat Dan Pemuas Kebutuhan Informasi Masa Pandemik Global Covid 19 (Kajian Analisis Teori Uses And Gratification). Al-I’lam: Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 4(1), 1–16.

Santi, I. H., & Sudiasmo, F. (2020). Perceived Usefulness Dan Perceived Ease of Use Terhadap Behavioral Intention to Use dan Actual Usage Pada Aplikasi Identifikasi Jenis Kulit Wajah. Jakad Media Publishing.

Santoso, S. (2019). Mahir Statistik Parametrik. Elex Media Komputindo.