Pengaruh Fitur Stiker Line dan Voice Call Terhadap Efektivitas Komunikasi Interpersonal

Main Article Content

Trisnia Anchali Kardia

Abstract

Individual communication has been changed by the rapid development of information technology, especially social media. This study aims to analyze the effect of LINE sticker features and voice calls on the effectiveness of interpersonal communication. This research uses a quantitative approach with associative methods. The research population is LINE users for at least 1 year. Data was collected by distributing questionnaires via google form and obtaining samples using the purposive sampling method. The study utilized the Structural Equation Model (SEM) approach with the Smart PLS version 3.2.9 application to analyze research data. The results obtained show that the LINE sticker and voice call features have a positive and significant influence on the effectiveness of interpersonal communication.


Abstrak


Komunikasi individu telah diubah oleh pesatnya perkembangan teknologi informasi, khususnya media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh fitur stiker LINE dan voice call terhadap efektivitas komunikasi interpersonal. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode asosiatif. Populasi penelitian merupakan pengguna LINE minimal 1 tahun. Data dikumpulkan dari penyebaran kuesioner melalui google form dan untuk mendapatkan sampel menggunakan metode purposive sampling. Penelitian memanfaatkan pendekatan Structural Equation Model (SEM) dengan aplikasi SmartPLS versi 3.2.9 untuk menganalisis data penelitian. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa fitur stiker LINE dan voice call memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efektifitas komunikasi interpersonal.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Kardia, T. A. (2023). Pengaruh Fitur Stiker Line dan Voice Call Terhadap Efektivitas Komunikasi Interpersonal. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(1), 43-52. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i1.232
Section
Articles

References

Annur, C. M. (2022). Jumlah Pengguna Internet di Indonesia (2018-2022). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/03/23/ada-2047-juta-pengguna-internet-di-indonesia-awal-2022

Berger, C., Roloff, M., & Roskos-Ewoldsen, D. (2014). Buku Saku Ilmu Komunikasi. Penerbit Nusa Media.

Candrasari, S. (2019). Komunikasi Interpersonal Melalui Penggunaan Media Sosial Antara Dokter dan Pasien di Klinik Medika Lestari Jakarta. Jurnal Professional FIS UNIVED, 6(1), 32–41.

Devito, J. A. (2011). Komunikasi antar manusia. Karisma Publishing Group.

Dirgayusa, D. (2016). Pengaruh Intensitas Komunikasi Dengan Aplikasi LINE dan Frekuensi Penggunaan Stiker pada Aplikasi LINE terhadap Efektifitas Komunikasi Interpersonal. Jurnal Komunikasi Massa, 1, 1–19.

Effendi, O. U. (1986). Dinamika Komunikasi. Remaja Karya.

Fadli, I., Aswar, M., & Lugis, M. (2018). Karakteristik Stiker Sebagai Elemen Bahasa Visual Yang Mendalam Berkomunikasi Pada Grup Whatsapp. Universitas Negeri Makassar.

Hair, J. F., Sarstedt, M., Ringle, C. M., & Gudergan, S. P. (2018). Advanced issues in partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM). Thousand Oaks: Sage.

Husna, N. (2017). Pengaruh Media Sosial terhadap Komunikasi Interpersonal Pustakawan di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. LIBRIA, 9(2), 183–196.

Irianto, B. R., Yusanto, F., & Putri, B. S. (2015). Pengaruh Penggunaan Instant Messaging Line Terhadap Efektivitas Komunikasi Interpersonal. E-Prosiding Manajemen, 2(3), 4216–4222.

Jessica, G., & Franzia, E. (2017). Analisis Karakter Stiker Garis “Cony Special Edition.” Penerbitan Jurnal Binus, 8(3).

Liu, S. F., Liu, H. H., Chang, J. H., & Chou, H. N. (2017). Analisis kegemaran pemasaran visual baru: Pengaruh fitur stiker LINE dan karakteristik pengguna terhadap keinginan mengunduh dan niat membeli produk. Tinjauan Manajemen Asia Pasifik, 24(3), 263–277.

Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta di Tahun 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-social-di-indonesia-reach-191-juta-pada-2022

Mariyam, S. (2021). Motif Penggunaan Fitur Emoticon di Media Sosial Whatsapp: Studi terhadap Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam IAIN Madura. Jurnal An-Nida, 13(2), 88–96.

Riadi, Y. (2020). Cara Mengaktifkan Fitur Line Call untuk Official Account. https://selular.id/2020/07/cara-enabling-featured-line-call-for-official-account/

Ristiana, U. N. (2018). Hubungan Antara Intensitas Penggunaan Media Sosial Dengan Komunikasi Interpersonal Siswa SMAN 1 Depok Sleman D.I Yogyakarta. Jurnal Transformatif, 2(2), 170–186.

Severin, W. J. & Tankard, J. W. (2005). Teori Komunikasi, Sejarah, Metode, & Terpaan di dalam Media Massa. Kecana Prenada Media Grup.

Siagian, S. P. (1997). Organisasi, Kepemimpinan, dan Perilaku Administrasi. PT. Toko Gunung Agung.

Silvianita, H. (2022). Pengertian LINE, Fungsi, Fitur, serta Kelebihan dan Kekurangan LINE. Nesabamedia.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta.

Tubbs, S. L. & Moss, S. G. (2005). Human communication. Remaja Rosdakarya.

Wang, S. S. (2015). Lebih dari kata-kata? Pengaruh Penggunaan Stiker Karakter Garis terhadap Keintiman di Lingkungan Komunikasi Seluler. Tinjauan Komputer Ilmu Sosial, 34(4), 1–23.

Wijayani, Q. N. (2021). Efektivitas Komunikasi Interpersonal Anak Jalanan. Jurnal Komunikasi, 15(2), 181–194