Peran Spin Doctor dalam Pemenangan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang Pada Pilkada Serentak Tahun 2020

Main Article Content

Radita Az Azhara
Indrianti Azhar Firdausi
Ichsan Adil Prayogi
Aries Aries

Abstract

This research focuses on discussing the role of spin doctors in political marketing. The results of this research show that the role of spin doctors in political marketing in the victory of the Irna-Tanto candidate pair in the simultaneous regional elections in Pandeglang in 2020 using the spin doctor strategy is: (1) In the spin doctor strategy, the level of fame (popularity), the role of the spin doctor in carrying out the campaign politics directly door to door to the public in order to increase the popularity of candidate Irna-Tanto and the delivery of political messages is also carried out through print media and electronic or social media such as Facebook, YouTube and Instagram as well as print media such as billboards on the streets, stickers, calendars, paperbags and t-shirts. (2) In the likeability strategy in the role of the spin doctor in carrying out a political campaign utilizing the advantages of candidate Irna-Tanto as a campaign object to build a positive image. (3) In the spin doctor strategy, the electability level conveys the candidate's vision and mission so that prospective voters can commit to choosing the Irna-Tanto candidate pair and fulfill the community's expectations.


Abstrak


Penelitian ini memfokuskan bahasan peran spin doctor dalam pemasaran politik yang semakin berperan dalam mengantarkan calon pasangan menuju kursi kepemimpinan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Informan dalam penelitian tim pemenangan atau tim sukses bupati dan wakil bupati Pandeglang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pemasaran politik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran spin doctor dalam pemasaran politik pada pemenangan pasangan kandidat Irna-Tanto pada pilkada serentak di Pandeglang tahun 2020 dengan menggunakan strategi spin doctor yaitu: (1) Pada strategi spin doctor tingkat ketenaran (popularity), peran spin doctor melakukan kampanye politik secara langsung door to door kepada masyarakat guna meningkatkan popularitas kandidat Irna-Tanto serta penyampaian pesan politik juga dilakukan melalui media cetak maupun media elektronik atau sosial seperti facebook, youtube, dan instagram adapun media cetak seperti baliho di jalan-jalan, stiker, kalender, paperbag dan kaos. (2) Pada strategi kemampuan untuk disukai (likeability) pada peran spin doctor melakukan kampanye politik memanfaatkan keunggulan dari kandidat Irna-Tanto sebagai objek kampanye untuk membangun citra positif. (3) Pada stategi spin doctor tingkat keterpilihan (electability) menyampaikan visi misi kandidat sehingga calon pemilih dapat berkomitmen untuk memilih pasangan kandidat Irna-Tanto dan terpenuhi akan harapan masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Az Azhara, R., Firdausi, I. A., Prayogi, I. A., & Aries, A. (2023). Peran Spin Doctor dalam Pemenangan Bupati dan Wakil Bupati Pandeglang Pada Pilkada Serentak Tahun 2020. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(2), 199-207. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i2.279
Section
Articles

References

Arifin, Anwar. 2011. Komunikasi Politik: Filsafat-Paradigma-Teori-Strategi dan Komunikasi Politik di Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Bungin, Burhan. 2013. Metode Penelitian Sosial & ekonomi: format-format kuantitatif dan kualitatif untuk studi sosiologi, kebijakan, publik, komunikasi, manajemen dan pemasaran, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Basuki, Sulistyo. 2006, Metode Penelitian, Jakarta: Wedatama Widya Sastra
Creswell, John W. 2009, Research Design (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed), Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Cangara, Hafied. 2014, Komunikasi Politik, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dwi Rizkia, Nanda dkk, 2022, Marketing Politik, Widina Bhakti Persada Bandung: Widina Bhakti Persada
Kartajaya, Hermawan. 2013, Positionin, Diferensiasi, dan Brand, Jakarta: PT Gramedia Pustaka.
Kriyantono, Rachmat. 2020, Teknik Praktis Riset Komunikasi Kuantitatif & Kualitatif, Bandung: Prenada Media Group.
Moleong, Lexy J. 2017, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyana, Deddy, 2014, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Mc Nair, Brian. 2017, An Introduction to Political Communication (Pengantar Komunikasi Politik). Terj. Imam Muttaqien. Bandung: Nusa Media.
Nursal, Adman, 2004, Political Marketing: Strategi Memenangkan Pemilu: sebuah pendekatan baru kampanye pemilihan DPR, DPD, Presiden, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Subiakto, Henry dan Rachmah Ida. 2015. Komunikasi Politik, Media, dan Demokrasi Edisi Kedua. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sugiyono, 2018, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD, Bandung: Alfabeta cv.
Sukmadinata, N.S, 2011, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosadakarya.
Sayuti, Solatun Dulah, 2014, Komunikasi Pemasaran Politik, Bandung: PT Remaja Rosadakarya.