Pola Komunikasi Guru dalam Internalisasi Nilai-nilai Panca Kesadaran Santri di Madrasah Aliyah Nurul Jadid

Main Article Content

Rojabi Azharghany
Abdul Adhim

Abstract

Communication is the most important part of carrying out social activities. Communication is not just someone conveying information to the communicant, but in someone's communication, a form or pattern occurs. Several patterns of communication occur, intra-personal communication, interpersonal communication, group communication, and mass communication. The purpose of this research is to find out the pattern of teacher-student communication that occurs in Madrasah Aliyah Nurul Jadid. The method used by researchers in this research is descriptive qualitative with a location study research approach. While the data collection techniques that researchers use include documentation, interviews, observations, and data from experts, colleagues, and literature review. In analyzing the data, the researcher uses Miles & Huberman's theory, namely: data presentation, data reduction, and conclusion drawing simultaneously. From the results of the research conducted, the communication patterns used by teachers tend to use interpersonal communication. In-depth coaching and appreciation of values is a form of teacher effort in internalizing the values of the Five Santri Consciousness. While the internalization of the values of the Five Awareness Santri can be done in several ways which include: lectures, exemplary, doctrine, habituation, enforcement of rules, and motivation.


Abstrak


Komunikasi merupakan bagian terpenting dalam menjalankan aktivtas dalam bersosial. Komunikasi bukan hanya sekedar seseorang menyampaikan informasi kepada komunikan tetapi dalam komunikasi terjadi sebuah bentuk atau pola. Ada beberapa pola komunikasi yang terjadi diantaranya, komunikasi intra personal, komunikasi antar personal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa. Adapun tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola komunikasi guru dengan peserta didik yang terjadi di Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Metode yang peneliti pakai dalam penelitian ini adalah deskriptif, kualitatif dengan pendekatan penelitian studi lokasi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan meliputi dokumentasi, wawancara, observasi serta data para ahli, teman sejawat dan kajian literatur. Dalam analisis data peneliti memakai teori Miles & Huberman yaitu: penyajian data, redukasi data dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara serentak. Dari hasil penelitian yang dilakukan pola komunikasi yang guru gunakan cendrung memakai komunikasi antar pribadi. Pembinaan yang mendalam serta penghayatan terhadap nilai-nilai merupakan bentuk upaya guru dalam internalisasi nilai-nilai Panca Kesadaran Santri. Sedangkan Pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Panca Kesadaran Santri dapat dilaksanakan dengan beberapa cara-cara yang meliputi: ceramah, peneladanan, doktrin, pembiasaan, penegakan aturan serta motivasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Azharghany, R., & Adhim, A. (2023). Pola Komunikasi Guru dalam Internalisasi Nilai-nilai Panca Kesadaran Santri di Madrasah Aliyah Nurul Jadid. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(2), 178-188. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i2.285
Section
Articles

References

A. S. Imami, M. W. (2020). Internalisasi Nilai Trilogi dan Panca Kesadaran Santri Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 4(1), 1–23.

Ahmad, S., Zein, A. M., & Harnina, R. (2017). Pola Komunikasi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa di SMK Negeri 1 Kendari. Jurnal Ilmu Kamunikasi UHO, 2(1), 1–14. http://ojs.uho.ac.id/index.php/KOMUNIKASI/article/view/1875/1316

Amaliyah, D. A. (2019). Mental Anggota Bimbingan Belajar Simulasi Gontor ( SiGor ). digilib.uinsaby.ac.id

Apulina, S. S. (2021). Pola Komunikasi Umat Beragama Untuk Mempererat Persaudaraan di Desa Samura Kecamatan Kabanjahe Kabupaten Karo (Issue 0105172179).

Azeharie, S., & Khotimah, N. (2015). Pola Komunikasi Antarpribadi antara Guru dan Siswa di Panti Sosial Taman Penitipan Anak “Melati” Bengkulu. Jurnal Pekommas, 18(3), 213–224. https://media.neliti.com/media/publications/222392-none-5c0c5632.pdf

Berger, P. L. & T. L. (1992). Pikiran Kembara: Modernisasi dan Kesadaran Manusia (diterjemahkan dari buku asli The Homeless Mind: Modernization and Consciousness). Kanisius.

Berger, P. L. & Luckmann, T. (1994). Langit Suci: Agama sebagai Realitas Sosial (diterjemahkan dari buku asli Sacred Canopy oleh Hartono). Pustaka LP3ES.

Berger, P. L., & Luckmann, T. (1990). Tafsir Sosial atas Kenyataan: Risalah tentang Sosioligi Pengetahuan ( diterjemahkan dari buku asli The Social Construction of Reality oleh Hasan Basari). Pustaka LP3ES.

Devito, J. A. (1997). komunikasi Antar Manusia (Human Comunication), diterjemahkan oleh Agus Maulana. Profesional Book.

Liliweri, A. (1991). komunikasi antar pribadi. PT aditiya bakti.

Manuaba, I. B. P. (2008). Memahami Teori Konstruksi Sosial. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 21(3), 221–230.

Mundiri, A., & Bariroh, A. (2018). Trans Internalisasi Pembentukan Karakter Melalui Trilogi Dan Panca Kesadaran Santri. IQRA’ (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan), 3(1), 24–55. http://dx.doi.org/10.25217/ji.v3i1.184.

Mushfi, M., Iq, E., Fadilah, N., & Jadid, U. N. (2019). Jurnal MUDARRISUNA, 9(1), 1–25.

Nurudin. (2007). Sistem Komunikasi Indonesia. PT. Raja Garfindo Persada.

Qodriyah, K. (2018). Internalisasi Trilogi Santri Dan Pancakesadaran Santri Terhadap Kode Etik ( Etika Dan Estetika ) (Issue 2).

Rizqiyah, N., & Karimah, A. (2020). Pola Komunikasi Guru Dalam Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Islam Inklusif-Multikultural. Jurnal Pustaka Komunikasi, 3(1), 135–147.

Solihin. (2018). Mewujudkan Masyarakat Madani Perspektif Program Studi Aqidah Dan Filsafat Islam Fakultas Ushuluddi ̑ N Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Lembar Pernyataan.

Sudarsono. (2018). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembinaan Mental Spritual Siswa Stanawiyah Negri 1 Bandar Lampung.

Surahman, F. (2020). Sub Budaya Bhurmaen Di Madura. https://eprints.umm.ac.id/71582/

Susanto, A. (2017). Pola Komunikasi Guru Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Smk Al-Fajar Kasui Way Kanan. http://repository.radenintan.ac.id/3598/1/SKRIPSI ANTON.pdf