Strategi Komunikasi Pariwisata dalam Membentuk Village Branding Ekowisata Taman Watu Kandang Desa Pandean

Main Article Content

Mohamad Faiz Bilmukharom
Didik Hariyanto

Abstract

Tourism is a rapidly growing industry in Indonesia and is currently a source of employment and livelihood for many people especially in rural areas. This study uses a qualitative method that prioritizes data depth, by observing and describing the situation in the Pandean tourist village. This study aims to determine tourism communication using village branding used by the Pandean tourist village so that it can achieve success as hope 1 in the 2022 Tourism Village Award (ADWI) which is carried out by the ministry of tourism and creative economy. The results showed that the tourism communication strategy used was village branding or what is commonly called village branding using social media, including websites, Youtube, tiktok and Instagram, but researchers found the fact that branding had the most influence on tourism visits through the testimonial method. directly person to person or word of mouth. The Pandean tourism village also collaborates with academics through the Ormawa PPK program.


Abstrak


Pariwisata merupakan industri yang berkembang pesat di Indonesia dan saat ini menjadi sumber pekerjaan dan mata pencaharian bagi banyak orang terutama di daerah pedesaan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengutamakan kedalaman data, dengan mengamati dan menggambarkan situasi yang ada di desa wisata Pandean. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pariwisata dengan menggunakan village branding yang dipakai oleh desa wisata Pandean sehingga bisa mencapai kesuksesan menjadi harapan 1 dalam Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2022 yang dilaksanakan oleh kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi pariwisata yang digunakan yaitu dengan branding desa atau yang biasa disebut village branding degan menggunakan media social antara lain, websit, Youtube, tiktok dan Instagram, namun peneliti menemukan fakta bahwa branding yang paling berpengaruh terhadap kunjungan pariwisata melalui metode testimoni secara langsung person to person atau word of mouth. Desa wisata pandean juga melakukan kerja sama dengan akademisi melalui program PPK Ormawa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Bilmukharom, M. F., & Hariyanto, D. (2023). Strategi Komunikasi Pariwisata dalam Membentuk Village Branding Ekowisata Taman Watu Kandang Desa Pandean. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(2), 294-302. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i2.337
Section
Articles

References

Adharani, Y., Zamil, Y. S., Astriani, N., & Afifah, S. S. (2020). Penerapan Konsep Ekowisata Di Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut Dalam Rangka Perlindungan Dan Pengelolaan Lingkungan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 179. Https://Doi.Org/10.24198/Jppm.V7i1.25235

Alif Fianto, A. Y., & Andrianto, N. (2021). Strategi Komunikasi Pengembangan Wisata Jodipan Dan Kampung Topeng Kota Malang. Communicator Sphere, 1(2), 47–51. Https://Doi.Org/10.55397/Cps.V1i2.7

Apriyanti, N. F., & Syahida, A. R. (2019). Strategi Public Relation Dalam Membentuk Village Branding Wisata Kungkuk Kota Batu. Jisip: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu …, 8(4), 249.
Www.Publikasi.Unitri.Ac.Id

Fabrianti, A. P. (2022). Pola Komunikasi Kelompok Dalam Pengembangan Desa Wisata “Kampung Anggur” Oleh Karang Taruna Di Desa Kunti Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Iain Ponorogo.

Hanana, A., Elian, N., & Marta, R. (2017). Strategi Komunikasi Persuasif Dalam Menciptakan Masyarakat Sadar Wisata Di Kawasan Wisata Pantai Padang, Kota Padang. Jurnal Ilmu Sosial Mamangan, 6(1), 34–46. Https://Doi.Org/10.22202/Mamangan.V6i1.1886

Hariyanto, D., Abror, M., Yani, M., & Dharma, F. A. (2021). Pembudayaan Permainan Tradisional Sebagai Wahana Belajar Luar Ruang Bagi Anak. Berdikari: Jurnal Inovasi Dan Penerapan Ipteks, 9(1), 56–68. Https://Doi.Org/10.18196/Berdikari.V9i1.9265

Hariyanto, D., Dharma, F. A., & ... (2021). Pemanfaatan Teknologi Integrated Marketing Communication Bagi Pelaku Usaha Mikro Sayur Organik Terdampak Pandemi. … Jurnal Pengabdian Kepada …, 4, 780–788. Http://Jurnal.Um-Tapsel.Ac.Id/Index.Php/Martabe/Article/View/3152

Hidayat, E., Susilo, D., & Baihaqi, A. I. (2022). The Practice Of Village Branding And Marginalisation In Mojokerto, Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal Of Communications Studies), 6(3), 805–826. Https://Doi.Org/10.25139/Jsk.V6i3.5313

Marizki, A., Masril, M., & Pasaribu, I. (2022). Konsep Komunikasi Pariwisata Berbasis Kearifan Lokal Di Danau Toba Kabupaten Samosir Sumatera Utara The Concept Of Tourism Communication Based On Local Assistance In
Lake Toba Samosir District North Sumatera. Jurnal Simbolika, 8(1), 42–50. Https://Doi.Org/10.31289/Simbolika.V8i1.5715

Minarto, S. W., Zandra, R. A., & Ismail, A. I. (2021). Art, Nature, And Culinary As Leverage Of Village Branding At The Foot Of The Mountain. Dewa Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan Seni, 16(2), 67–74. Https://Doi.Org/10.33153/Dewaruci.V16i2.3620

Nugraha, A. R., Perbawasari, S., & Zubair, F. (2017). Model Komunikasi Pariwisata Yang Berbasiskan Kearifan Lokal. Jurnal The Messenger, 9(2), 231. Https://Doi.Org/10.26623/Themessenger.V9i2.468

Nurcandrani, P. S., Turistiati, A. T., Andhriany, S., & Nurulina, D. I. (2020). Blue Ocean Strategy (Bos) Public Relations Of Kampung Wisata Baluwarti Surakarta In Developing Village Branding. Majalah Ilmiah Bijak, 17(2), 154–169. Https://Doi.Org/10.31334/Bijak.V17i2.1007

Prayudi, & Herastuti, H. (2018). Branding Desa Wisata Berbasis Ecotourism. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(3), 227. Https://Doi.Org/10.31315/Jik.V16i3.3204

Sinuhaji, V. V., Siti, N., Siregar, S., & Jamil, B. (2019). Aktivitas Komunikasi Pemasaran Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Kabupaten Karo Dalam Meningkatkan Kunjungan Wisatawan (Studi Deskriptif Kualitatif Wisata Bukit Gundaling Berastagi) Marketing Communication Activities Of The Karo District Tourism And Culture. Diterima: 11 Agustus, 1(2), 105–118. Http://Jurnalmahasiswa.Uma.Ac.Id/Index.Php/Jipikom

Suharsono, S. (2020). Komunikasi Interpersonal Pokdarwis Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Homestay. Jurnal Riset Komunikasi, 3(2), 161–176. Https://Doi.Org/10.38194/Jurkom.V3i2.158

Wilantari, N. N. A., & Memoriance, --. (2018). Komunikasi Massa Dalam Manajemen Pariwisata. Dharma Duta, 16(1). Https://Doi.Org/10.33363/Dd.V16i1.139

Yetti, S. (2020). Pengaruh Strategi Promosi Dan Fasilitas Terhadap Pemilihan Tempat Wisata Anai Land. Jurnal Pundi, 04(03), 431–440. Https://Doi.Org/10.31575/Jp.V4i3.332