P Peran Media Harian Radarmukomuko.com dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Generasi Z di Kabupaten Mukomuko

Main Article Content

Irma Rahma Wati
Dhanurseto Hadiprashada
Sonde Martadireja

Abstract

Based on the 2020 Population Census, birth rates by age group recorded an increase and dominance of the population aged 15 to 29 years. Based on generational classification, the majority of the dominant population falls into generation Z. Considering that generation Z is inseparable from technology and the internet, every development of information or the latest events of generation Z will continue to keep up with the times. This research aims to find out the role of Harianradarmukomuko.com media in meeting the information needs of generation z or millennials. This research uses qualitative research methods. The author focuses research on readers or audiences, especially in accessing information and the role of Harianradarmukomuko.com media as providing information for generation Z in Mukomuko Regency. Based on the results of the research that has been carried out, it can be concluded that: 1) The role of Harianradarmukomuko.com media in fulfilling the information needs of generation Z in Mukomuko Regency. When people's information needs can be met well, the role of the media has been achieved and has become the media of choice for generation Z to fulfill their information needs. 2) As well as the satisfaction of generation Z in Mukomuko Regency with the information presented by the daily media Radar Mukomuko.com. Satisfaction is a condition where the desires and needs of generation Z in Mukomuko Regency can be met.


Abstrak


Berdasarkan Sensus Penduduk pada tahun 2020, angka kelahiran menurut kelompok umur mencatat adanya peningkatan dan dominasi penduduk dengan umur 15 hingga 29 tahun. Berdasarkan penggolongan generasi, sebagian besar dominasi penduduk masuk kedalam generasi Z. Mengingat generasi Z tidak terlepas dari teknologi dan internet, maka setiap perkembangan informasi atau peristiwa terbaru generasi Z akan terus mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran media Harianradarmukomuko.com dalam memenuhi kebutuhan informasi bagi generasi Z atau milenial. Penelitain ini menggunkan Metode Penelitian kualitatif penulis memfokuskan penelitian pada pembaca atau khalayak terutama di dalam mengakses informasi dan peran media Harianradarmukomuko.com sebagai pemenuhan informasi generasi Z di Kabupaten Mukomuko. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Peran media Harianradarmukomuko.com terhadap pemenuhan kebutuhan informasi bagi generasi Z di Kabupaten Mukomuko. Ketika kebutuhan informasi masyarakat dapat dipenuhi dengan baik maka peran media telah tercapai dan menjadi media pilihan generasi Z sebagai pemenuh kebutuhan informasi. 2) Serta dalam Kepuasan generasi Z di Kabupaten Mukomuko terhadap informasi yang disajikan oleh media Harian Radar Mukomuko.com. Kepuasan merupakan kondisi dimana keinginan dan kebutuhan dapat terpenuhi generasi Z di Kabupaten Mukomuko.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Wati, I. R., Hadiprashada, D., & Martadireja, S. (2023). P Peran Media Harian Radarmukomuko.com dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Generasi Z di Kabupaten Mukomuko. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(2), 318-327. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i2.383
Section
Articles

References

Apriani, Y., Rusdiawan, R., Asrin, A., Fahruddin, F., & Muhaimi, L. (2021). Manajemen pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di sd it lombok tengah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(2).

Asteria, D. (2016). Optimalisasi komunikasi bencana di media massa sebagai pendukung manajemen bencana. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(1), 1–11.

Corbin, J. (2007). Strategies for qualitative data analysis. Journal of Qualitative Research, 67–85.

Fadhli, R., Nurlidia, R. F., & Syam, R. Z. A. (2019). Generasi Z pada Pemilihan Gubernur Jawa Barat: Bagaimana Mereka Berperilaku dengan Informasi. Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan, Dan Kearsipan, 21(1).

Fry, R. (2016). Millennials overtake Baby Boomers as America’s largest generation. Pew Research Center, 25, 1–36.

Hasyim, N. M. (2017). Konstruksi Citra Maskulinitas Calon Presiden (Study Analisis Framing Model Gamson Dan Modigliani Pada Pemberitaan Koran Harian Kompas Dan Jawa Pos Edisi Juni
2014). Profetik: Jurnal Komunikasi, 9(1).

Irwansyah, E., & Moniaga, J. V. (2014). Pengantar Teknologi Informasi. Deepublish.

Katz, J., Weinrib, A., Fashler, S. R., Katznelzon, R., Shah, B. R., Ladak, S. S. J., Jiang, J., Li, Q., McMillan, K., & Mina, D. S. (2015). The Toronto General Hospital Transitional Pain Service: development and implementation of a multidisciplinary program to prevent chronic postsurgical pain. Journal of Pain Research, 695–702.

Lestaluhu, S. (2015). Peran Media Cetak Dalam Mengawal Kebijakan Publik Di Kota Ambon. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 19(1).

Nadia, N. K., & Arif, E. (2022). Implementasi Keterbukaan Informasi Publik (Studi Pada Website Ppid Desa Sidodadi Kabupaten Mukomuko). Jurnal Komunikatio, 8(1), 29–42.

Pawirosumarto, S., Sarjana, P. K., & Gunawan, R. (2017). The effect of work environment, leadership style, and organizational culture towards job satisfaction and its implication towards employee performance in Parador Hotels and Resorts, Indonesia. International Journal of Law and Management, 59(6), 1337–1358.

Rahmawati, D. (2018). Millennials and I-generation life. Laksana.

Roem, E. R. (2020). Persepsi Masyarakat tentang Peran Media Cetak Lokal dalam Mitigasi Bencana Alam. Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(2), 143–156.

Sayuti, M., & Andika, M. (2022). Perancangan Media Promosi Pariwisata Kabupaten Mukomuko Dalam Bentuk Audio Visual. Judikatif: Jurnal Desain Komunikasi Kreatif, 57–62.

Silvana, H. (2013). Peran Media Massa pada Komunikasi Politik di Indonesia. JIPSI-Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi UNIKOM, 1.

Taufik, A., Sudarsono, G., Sudaryana, I. K., & Muryono, T. T. (2022). Pengantar Teknologi Informasi. Drestanta Pelita Indonesia Press, 1–113.