Dinamika Komunikasi Organisasi dalam Penerapan Inovasi MBKM di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang

Main Article Content

Yoseph Riang

Abstract

In today’s modern era, many factors can drive or even hinder the success of an organization, but one of the key elements that continues to be a fundamental determinant is innovation. Innovation is an idea, practice, or object that is perceived as a new by an individual or other unit of adoption. The novelty is subjective, that is, an idea that is seen as new by one adoption unit but may not be new for another adoption unit. The novelty dimension also depends on what the adoption unit thinks about the idea, notion, practice or object. An organization adopts innovation to achieve its goals and win the competition. For the higher learning instututions, one thing that determines the success of innovation adoption is the dynamics of organizational communication especially in decision making. This research uses a case study method. These results show that the organizational dynamics of innovation decision-making by Widya Mandira Catholic University are carried out almost in line with Everett M Rogers. Besides, in those stages, there are still problems of different perception, the punctuality in providing feedback, and internal information sharing among the organization members.


Abstrak


Di era modern saat ini, banyak faktor yang dapat menjadi pendorong atau bahkan penghalang keberhasilan sebuah organisasi, tetapi salah satu elemen kunci yang terus menjadi penentu mendasar adalah inovasi. Inovasi adalah ide, gagasan, praktik, atau obyek yang dianggap atau dipikir baru oleh individu atau suatu unit adopsi. Kebaruan tersebut sifatnya subyektif, yaitu sebuah ide atau gagasan yang  dipandang baru oleh suatu unit adopsi belum tentu baru bagi unit adopsi yang lain. Dimensi kebaruan itu tergantung juga pada apa yang dialami oleh unit adopsi terhadap ide, gagasan, praktik, atau obyek tersebut. Organisasi mengadopsi inovasi untuk mencapai tujuan dan memenangkan persaingan. Pada institusi pendidikan tinggi, satu hal yang turut menentukan keberhasilan adopsi inovasi adalah dinamika komunikasi organisasi khususnya dalam pengambilan keputusan. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Dari hasil penelitian diketahui bahwa bahwa dinamika pengambilan keputusan inovasi dalam organisasi yang terjadi di Universitas Katolik Widya Mandira sudah hampir runut seperti yang dikemukakan Everett M Rogers. Selain itu, di tahapan-tahapan pengambilan keputusan, masih terdapat masalah perbedaan persepsi, ketepatan waktu dalam memberikan tanggapan balik dan sharing informasi internal dari para anggota organisasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Riang, Y. (2023). Dinamika Komunikasi Organisasi dalam Penerapan Inovasi MBKM di Universitas Katolik Widya Mandira Kupang. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(2), 218-225. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i2.399
Section
Articles

References

Arifin, B. S. (2015). Dinamika Kelompok. Pustaka Setia.

Ananda, L. R, & Febriaan, K. I. (2017). Studi Kasus Kematangan Sosial pada Siswa Homeschooling. Jurnal Empati, 6(1), 257–263.

Badri, M. (2019). Adoption of Innovation Online Transportation Application in Post-Millennial Generation in Pekanbaru City. Jurnal Penelitian Komunikasi Dan Opini Publik, 23(2), 115–118.

Badri, M., & Antin, T. (2015). Adopsi Inovasi Media Sosial Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi FDK UIN SUSKA Riau. Jurnal Risalah, 26(4), 183–196.

Denzin, N. K. dan L. Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Pustaka pelajar.

Maeskina, M. M., & Hidayat, D. (2022). Adaptasi Kerja Content Creator Di Era Digital. Jurnal Communio, 11(1), 20–30.

Maryanto, T., & Syahida, A. R. (2019). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Meningkatkan Hasil Penjualan di Kampung Keramik Dinoyo Kota Malang. Jurnal Komunikasi Nusantara, 1(1), 36–42.

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mahasiswa Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Communio, 9(2), 1630–1640.

Pace, R. W., & Faules, D.F. (2018). Komunikasi Organisasi. PT Remaja Rosdakarya.

Perbawaningsih, Y. (2019). Peran Iklim Komunikasi dalam Mencapai Tujuan Organisasional di Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Jurnal Ilmu Komunikasi, 16(1), 107–122.

Prawiradilaga, D. S. (2013). Mosaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Prenadamedia Group.

Rijali, A. (2018). Analisis Data Kualitatif. Alhadharah, 17(33), 81–95.

Rofik, E. (2021). Peningkatan Layanan Kesehatan Dalam Upaya Menekan Angka Kematian Melalui Program Inovasi Pada Masyarakat Kabupaten Bangka, Kabupaten Gresik, dan Kabupaten Garut. Jurnal Studi Invasi, 1(2), 12–22.

Rogers, E. M. (2003). Diiffusion of Innovation. Free Press.

Ruliana, P. (2016). Komunikasi Organisasi. PT RajaGrafindo Persada.

Rusdiana, H. . (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Pustaka Setia.

Shockley, P., & Zalabak. (2015). Fundamentals of Organizational Cmmunication. Pearson Education.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta.

Tubbs, S. L., & Moss, S. (2000). Human Communication. PT Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, P. A., & Ernungtyas, N. F. (2020). Pemanfaatan Media Sosial dalam Public Relations di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 10–16.

West, R., dan Turner, L. (2010). Introducing Communication Theory: Analysis and Application. McGraw Hill.

Zulkarnain, W. (2016). Dinamika Kelompok. PT Bumi Aksara.