Implementasi Media Digital Marketing Communications Pada Pedagang Ikan Cupang Hias

Main Article Content

Herru Prasetya Widodo
Asfira Rachmad Rinata
M. Abdul Ghofur

Abstract

This research aims to analyze and implement marketing strategies through digital media marketing communications for ornamental betta fish traders. Digital media marketing communications is an effective method for promoting products and building relationships with customers. which uses digital media to communicate with target markets. Ornamental Betta fish traders are a potential market segment for using digital media as a means of promotion and sales. The research method used is a case study, by collecting data through interviews, observations and documentation. In this research, it was found that ornamental Betta fish traders who implemented digital media marketing communications were successful. increase visibility and awareness of their products. They can also reach a wider target market through social media, websites and e-commerce platforms. Apart from that, traders can also take advantage of digital features. Some of the strategies implemented include: using social media to promote products, creating interesting and informative content, interacting with customers through comments and personal messages, and utilizing features such as live streaming and stories to provide a more interactive experience to customers. Apart from that, the results of this research show that ornamental betta fish traders can increase their sales and profits by implementing marketing strategies through digital media marketing communications.


Abstrak


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengimplementasikan strategi pemasaran melalui digital media marketing communications pada pedagang ikan cupang hias. Media digital marketing communications merupakan salah satu metode yang efektif dalam mempromosikan produk dan membangun hubungan dengan pelanggan. yang menggunakan media digital untuk berkomunikasi dengan target pasar. Pedagang ikan cupang hias merupakan segmen pasar yang potensial untuk menggunakan digital media sebagai sarana promosi dan penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus, dengan mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, ditemukan bahwa pedagang ikan cupang hias yang menerapkan digital media marketing communications berhasil meningkatkan visibilitas dan awareness produk mereka. Mereka juga dapat menjangkau target pasar yang lebih luas melalui media sosial, situs web, dan platform e-commerce. Selain itu, pedagang juga dapat memanfaatkan fitur-fitur digital. Beberapa strategi yang diterapkan antara lain: penggunaan media sosial untuk mempromosikan produk, membuat konten yang menarik dan informatif, berinteraksi dengan pelanggan melalui komentar dan pesan pribadi, dan memanfaatkan fitur-fitur seperti live streaming dan stories untuk memberikan pengalaman yang lebih interaktif kepada pelanggan. Selain itu, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pedagang ikan cupang hias dapat meningkatkan penjualan dan keuntungan mereka dengan mengimplementasikan strategi pemasaran melalui media digital marketing communications.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Widodo, H. P., Rinata, A. R., & Ghofur, M. A. (2023). Implementasi Media Digital Marketing Communications Pada Pedagang Ikan Cupang Hias. Jurnal Komunikasi Nusantara, 5(2), 273-283. https://doi.org/10.33366/jkn.v5i2.417
Section
Articles

References

Chaffey, D., & Ellis-Chadwick, F. (2012). Digital Marketing: Strategy, Implementation And Practice (1st ed). Pearson Education.

Coviello, N., Milley, R., & Marcolin, B. (2001). Understanding IT-enabled interactivity in contemporary marketing. Journal of Interactive Marketing, 15(4), 18–33.

Daj, A., & Chirca, A. (2009). The adoption of digital marketing in financial services under crisis. Bulletin of the Transilvania University of Brasov. Economic Sciences. Series V, 2, 161.

Darwisyah, D., Rosadi, K. I., & Ali, H. (2020). Berfikir Kesisteman dalam Perencanaan dan Pengembangan Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 225–237.

Diana, L., Dian, P., Tiara, S. A., Putri, A. R. N. C., & Agustina, S. (2022). Peranan Digital Marketing Sebagai Media Pemasaran UMKM Crep’s Star. BUGUH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 1–6.

DiskominfosandiHSU. (2020). Tren Ikan Cupang di Tengah Pandemi. Web.Hsu.Go.Id. https://web.hsu.go.id/jadi-tren-di-tengah-pandemi-bisnis-hingga-kontes-ikan-cupang-di-hsu-mulai-diminati/

Latifah, A., Dewi, Y., Harahap, N., & Murtafiah, N. H. (2022). Strategi Pemasaran Digital dalam Penerimaan Siswa. Journal of Islamic Education and Learning, 2(1), 65–78.

Lembong, A., Kojo, C., & Uhing, Y. (2023). Analisis Pemanfaatan Digital Marketing dalam Meningkatkan Pembelian Konsumen Pada Rumah Makan MM Juice Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(1), 1261–1270.

Mansir, F., & Purnomo, H. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid-19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkerru, 1(1), 39–50.

Murtisari, M. S. (2023). 12 Jenis Ikan Cupang yang Banyak Diminati Beserta Cara Merawatnya. Liputan6.Com. https://www.liputan6.com/hot/read/5309457/12-jenis-ikan-cupang-yang-banyak-diminati-beserta-cara-merawatnya

Nursatyo, N., & Rosliani, D. (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Digital Situs Pembanding Harga Telunjuk.com. Expose: Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 46–67.

Reken, F., Modding, B., & Dewi, R. (2020). Pengaruh Pemasaran Digital Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Ciputra Tallasa Jo Makassar. Tata Kelola, 7(2), 142–153.

Ridwan, A. (2020). Implementasi Fungsi Planning di Sekolah dalam Kerangka Manajemen Pendidikan Islam. Indonesian Journal of Islamic Educational Management, 2(2), 71–83.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trulline, P. (2021). Pemasaran Produk UMKM Melalui Media Sosial dan E-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259.

Untari, D., & Fajariana, D. E. (2018). Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif pada Akun@ subur_batik). Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 2(2), 271–278.