Selective Exposure Media Sosial Pada Ibu dan Perilaku Anti Sosial Anak

Main Article Content

Lian Agustina Setiyaningsih
Muhammad Hanif Fahmi
Priyo Dari Molyo

Abstract

Abstract: The rapid development of technology has accelerated the adaptation to the use of technology. Especially the use of technology on social media that affects family communication, namely on behavior change. The impact depends on the selective exposure (duration and frequency). Mothers often experience commodification and are identified with groups that are not well literate in the use of social media. So that raises the hypothesis of the effect of selective exposure on mothers on their children's anti-social behavior. This quantitative descriptive study uses a quasi-experimental method by providing initial insights to respondents. As many as 82 respondents of mothers in Malang Raya were involved in this study with the criteria of productive age, have children aged 5-12 years and have used social media for about 3 years. The sampling technique uses purposive sampling because it refers to the above criteria. This study conducted a test of reliability and validity, while in data analysis using linear regression and t test. The results of this study indicate that mothers are positioned under the control of technology which brings a trickle effect so that it can create a negative effect on children. Selective social media exposure to mothers has a significant effect 56,7% and correlation 1,568. Anti-social behavior is generated in form of refusal to interact with environment, aggressive, impulsive, quiet and has no regrets making mistakes.


Keywords: selective exposure; social media; mother; anti-social; children


Abstrak: Perkembangan teknologi yang cepat menyebabkan percepatan adaptasi atas penggunaan teknologi. Terutama pemanfaatan teknologi pada media sosial yang berpengaruh terhadap komunikasi keluarga yakni pada perubahan perilaku. Dampak yang ditimbulkan bergantung pada selective exposure (durasi dan frekuansi). Ibu sering mengalami komodifikasi dan diidentikan dengan golongan yang tidak terliterasi dengan baik dalam penggunaan media sosial. Sehingga memunculkan hipotesis adanya pengaruh selective exposure pada ibu terhadap perilaku anti sosial anaknya. Penelitian dekriptif kuantitatif ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan memberikan wawasan awal kepada responden. Sebanyak 82 responden ibu di Malang Raya terlibat dalam penelitian ini dengan kriteria usia produktif, memiliki anak usia 5-12 tahun dan telah menggunakan media sosial kurang lebih 3 tahun. Teknik sampling menggunakan purposive sampling karena merujuk pada kriteria di atas. Penelitian ini melakukan uji reliabilitas dan validitas, sedangkan dalam analisis data menggunakan regresi linier dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan ibu diposisikan di bawah kendali teknologi yang membawa trickle effect sehingga mampu menciptakan pengaruh negatif terhadap anak. Selective exposure media sosial pada ibu berpengaruh signifikan sebesar 56,7% dengan korelasi sebesar 1,568. Perilaku anti sosial yang ditimbulkan berupa penolakan berinteraksi dengan lingkungan, agresif, impulsif, pendiam serta tidak memiliki penyesalan ketika berbuat kesalahan.


Kata kunci: selective exposure; media sosial; ibu; anti sosial; anak

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Setiyaningsih, L. A., Fahmi, M. H., & Molyo, P. D. (2021). Selective Exposure Media Sosial Pada Ibu dan Perilaku Anti Sosial Anak. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(1), 1-11. https://doi.org/10.33366/jkn.v3i1.65
Section
Articles

References

Abidin, J., & Fahmi, I. (2019). Media Sosial dalam Mempengaruhi perilaku Keberagamaan Siswa dan solusinya melalui Pendidikan Agama Islam. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 3(1). https://journal.unsika.ac.id/index.php/pendidikan/article/view/1770

Akram, W., & Kumar, R. (2017). A Study on Positive and Negative Effects of Social Media on Society. International Journal of Computer Sciences and Engineering, 5(10), 351–354. https://doi.org/10.26438/ijcse/v5i10.351354

Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga dan Media Sosial dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1).

Anwar, F. (2017). Perubahan dan Permasalahan Media Sosial. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 137. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.343

Aprilia, R., Sriati, A., & Hendrawati, S. (2020). Tingkat kecanduan media sosial pada remaja. Journal of Nursing Care, 3, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/jnc.v3i1.26928

Bodnar, K., & Cohen, J. L. (2011). The B2B social media book: Become a marketing superstar by generating leads with Blogging, LinkedIn, Twitter, Facebook, Email, and more. John Wiley & Sons Inc. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=wvDVl0uo6R8C&oi=fnd&pg=PT13&dq=determination+of+technology+social+media+book&ots=7aST7qg4aL&sig=jJdlwuaFV6N8lIdt3tj6q69gScw&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157.

Dwi Hadya Jayani. (2020). 10 Media Sosial yang Sering Digunakan 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/02/26/10-media-sosial-yang-paling-sering-digunakan-di-indonesia#:~:text=10 Media Sosial yang Sering Digunakan 2020&text=Media sosial yang paling sering diakses selanjutnya adalah WhatsAppa sebesar,%25%2C da

Fahmi, M. H. (2020). KOMUNIKASI SYNCHRONOUS DAN ASYNCHRONOUS DALAM E-LEARNING PADA MASA PANDEMIC COVID-19. Jurnal Nomosleca, 6(2), 146–158.

Gustia, E. (2017). Tampilan Perilaku Anti Sosial Pada Siswa Sekolah Dasar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 1–9. https://doi.org/10.29210/3003211000

Irnawaty, I., & Agustang, A. (2019). SMARTPHONE ADDICTION PADA MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Jurnal Sosialisasi: Jurnal Hasil Pemikiran, Penelitian Dan Pengembangan Keilmuan Sosiologi, Pendidikan., 41–46. https://doi.org/https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i0.13227

Kelly, Y., Zilanawala, A., Booker, C., & Sacker, A. (2018). Social media use and adolescent mental health: Findings from the UK millennium cohort study. EClinicalMedicine, 6(1), 59–68. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.eclinm.2018.12.005

Kemp, S. (2020). DIGITAL 2020: INDONESIA. https://hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2020/

Kircaburun, K., Kokkinoos, C., Demetrovics, Z., Kiraly, O., Griffiths, M., & Colak, T. (2019). Problematic social media use: Results from a large-scale nationally representative adolescent sample. PloS One, 12(1), 891–908. https://doi.org/e0169839

Moawad, G. E., & Ebrahem, G. G. S. (2016). The relationship between use of technology and parent‐adolescents social relationship. Journal of Education and Practice, 7(14), 168–178.

Nahak, H. M. (2019). Upaya melestarikan budaya indonesia di era globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65–76. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jsn.5.1.65-76

Rahmat, J. (2012). Psikologi Komunikasi. PT. Remaja Rosdakarya.

Reid, J. B., Patterson, G. R., & Snyder, J. E. (2002). Antisocial behavior in children and adolescents: A developmental analysis and model for intervention. American Psychological Association.

S.Shabnoor, S. T. (2016). Social Media its Impact with Positive and Negative. Aspects IJCATR, 5(2), 71–75.

Sampasa-Kanyinga, H., Goldfield, G. S., Kingsbury, M., Clayborne, Z., & Colman, I. (2020). Social media use and parent–child relationship: A cross-sectional study of adolescents. Journal of Community Psychology, 48(3), 793–803. https://doi.org/10.1002/jcop.22293

Sampasa‐Kanyinga, H., Hamilton, H. A., & Chaput, J. P. (2018). Use of social media is associated with short sleep duration in a dose‐response manner in students aged 11 to 20 years. Acta Paediatrica, 107(4), 694–700. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/ apa.14210

Sari, D. A., Mutmainah, R. N., Yulianingsih, I., Tarihoran, T. A., & Bahfen, M. (2020). Kesiapan Ibu Bermain Bersama Anak Selama Pandemi Covid-19,“Dirumah Saja”. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 475–489.

Schaefer dan Willman. (1991). Anak Berkebutuhan Khusus: Anti Sosial. Rieneka Jogja.

Setiyaningsih, L. A., & Jatmikowati, S. H. (2019). Media Baru Dalam Komodifikasi Waktu Luang Ibu Rumah Tangga. ETTISAL: Journal of Communication, 4(1), 23–32.

Setiyaningsih, L. A. (2017). KORELASI TERPAAN MEDIA KIE (KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI) PENANGGULANGAN HIV DAN AIDS DENGAN TINGKAT PENGETAHUAN PEKERJA SEKS PEREMPUAN (Studi Kasus Pekerja Seks Perempuan Kabupaten Malang). Jurnal Nomosleca, 3(1), 551–567. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v3i1.1484

Setiyaningsih, L. A. (2020). MEDIA PANICS IBU RUMAH TANGGA SETELAH MENGAKSES BERITA COVID-19 (2020). Jurnal Nomosleca, 6(2), 101–110. http://jurnal.unmer.ac.id/index.php/n/article/view/4721/2594

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
UNDP. (1993). Human Security.
http://hdr.undp.org/sites/default/files/reports/255/hdr_1994_en_complete_nostats.pdf

Utami, A. S. F., & Baiti, N. (2018). Pengaruh media sosial terhadap perilaku cyberbullying pada kalangan remaja. Cakrawala-Jurnal Humaniora, 18(2), 257–262. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.3680

W.Tariq, M.Mehboob, M.A.Khan, F. U. (2012). The Impact of social Media and Social Networking on education and Students of Pakistan issues,. International Journal of Computer Sciences, 9(3), 103–112.

Widyastuti, D. A. R., Nuswantoro, R., & Sidhi, T. A. P. (2016). Literasi digital pada perempuan pelaku usaha produktif di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Aspikom, 3(1), 1–15.

Wilkins, F., Hakeem, L., Batumalai, P., & Jasmi, K. A. (2019). Media Sosial dan Dampak Positif Menurut Islam. Seminar Sains Teknologi Dan Manusia., 1–21. http://eprints.utm.my/id/eprint/85045/1/2 LuqmanHakeemFrankWilkins2019_MediaSosialdanDampakPositif.17-32.pdf