Analisis Framing Media Online dalam Pemberitaan Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini

Main Article Content

Listya Anindita
Leo Randika
Riska Y. Imilda
Yanti Widayanti
Dedeh Fardiah

Abstract

Mass media has become the main source of information for the public to find out the latest and actual news. Through the mass media, various forms of freedom are shown to voice various statements and opinions. This is where the media plays a strong role in bringing up interesting issues for the audience, including in the process of framing a news story. There is no doubt that the framing of the news relates to public figures who are often the targets. This research focuses on the online media Kompas.com when framing news about the Minister of Social Affairs (Mensos) Tri Rismaharini in the December 2021 period. Of course, it aims to see how far Kompas.com is framing the news and packaging news about Tri Rismaharani for public consumption. This research is also supported by using qualitative research methods, constructivist paradigms, and framing analysis. This result of framing analysis on this study indicate how the media constructs and conveys news by format and narrative. In the same event, when viewed from the packaging from one news to another, this frame depends on the interests of a media so that it shows the media's construction of a reality. This news is then formed with a frame through the selection of emphasis on an issue.


Abstrak


Media massa telah menjadi sumber informasi utama bagi masyarakat untuk mengetahui berita terbaru dan teraktual. Melalui media massa berbagai wujud kebebasan ditampilkan untuk menyuarakan berbagai pernyataan dan pendapat. Di sinilah media berperan kuat untuk memunculkan isu-isu menarik bagi khalayak termasuk dalam proses framing  sebuah berita. Tak ayal  framing pemberitaan berkenaan dengan tokoh publik yang kerap kali menjadi sasaran. Penelitian ini salah satunya, fokus pada media online Kompas.com saat membingkai pemberitaan mengenai Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini di periode Desember 2021. Tentu penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Kompas.com membingkai dan mengemas pemberitaan tentang Tri Rismaharani untuk konsumsi publik. Penelitian ini didukung dengan menggunakan metode penelitian kualitatif, paradigma konstruktivis, serta analisis framing. Hasil analisis framing pada penelitian ini menunjukkan bagaimana media mengkonstruksi dan  menyampaikan  berita  dengan  format dan  narasinya.  Dalam suatu peristiwa yang sama, bila dilihat dari pengemasan  dari  berita  satu ke berita lainnya frame ini tergantung pada kepentingan suatu media sehingga memperlihatkan konstruksi media atas suatu realitas. Berita ini lalu dibentuk dengan frame melalui seleksi penekanan terhadap sebuah isu.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Anindita, L., Randika, L., Imilda, R. Y., Widayanti, Y., & Fardiah, D. (2022). Analisis Framing Media Online dalam Pemberitaan Menteri Sosial Republik Indonesia, Tri Rismaharini. Jurnal Komunikasi Nusantara, 4(1), 10-23. https://doi.org/10.33366/jkn.v4i1.90
Section
Articles

References

Amarilisya, A. (2021). Ibunya Disebut Sering Marah, Anak Mensos Risma: Memang Tukang Marah. Jakarta: Bisnis.com.

Atmadja, X. L. (2014). Analisis Framing Terhadap Pemberitaan Sosok Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) di Media Online. Jurnal E komunikasi Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Kristen Petra, Surabaya, Vol 2 No 1.

Eriyanto. (2002). Analisis Framing Konstruksi, Ideologi, dan Politik Media. Yogyakarta: LKis.

Erwin, E. H. S. (2018). Pembingkaian Berita Politik di Media Online (Analisis Framing Pemberitaan Pidato Jokowi Pada Rapat Umum Relawan 4 Agustus 2018 di Mediaindonesia.Com, Tribunnews.Com dan Okezone.Com) Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Tarumanagara Vol. 2 No. 2.

Kusumawati, H. S. dkk. (2019). Analisis Framing Berita Korupsi e-KTP Setya Novanto Pada Media Online. ACCOMAC Volume 2 (Desember, 2019): 52-59

Hutagalung, I. (2013). Sistem Pers Tanggung Jawab Sosial. Jurnal Interaksi. 2(2). No 2.

Kompas. (2019). Kompas.com Kembali Jadi Pemenang Kategori Media Online Tepercaya. Jakarta: Kompas.com.

Muchtar, K. (2016). Komunikasi Politik dan Pembentukan Citra Partai. Jurnal Ilmu Komunikasi, 14(2), 136–147.

Neviati, C. Z. (2018). Study Case : A Tyleno Tale Makes Dies Who Consums With Framing Method. Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2).

Zulaikha, N. H. (2019). Analisis Framing Pemberitaan Pilgub Jawa Timur 2018 pada Situs Berita Daring Indonesia. Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi Volume 3 Nomor 1.

Pratama. (2020). Berita Harian Tri Rismaharini. Jakarta: Kompas.com.

Rakhmat, J. (2015). Pengantar Komunikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Santana, S. (2017). Jurnalisme Kontemporer. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia