Word-Of-Mouth Sebagai Sarana Pembentukan Intensi Generasi Muda dalam Berpartisipasi Pada Sektor Pertanian

Main Article Content

Dias Anugrah Octaviana
Ni Made Astini
Bagus Aditya Susanto

Abstract

The agricultural sector is a vital sector for the survival of Indonesia. However, one of the problems faced is the regeneration of farmers because not all young people want to participate in this sector. One of the communities that responded to this condition is Aku Petani Indonesia. This community carries out various activities to create intention to participate in agriculture activities among the younger generation. This research is to study how these activities create word-of-mouth that can intention. The Theory of Planned Behavior is included as a theoretical framework. This research design is concurrent triangulation, which combines quantitative and qualitative data to obtain more in-depth results. The study results show that these community activities produced word-of-mouth to create intention among the young generation. The resulting word-of-mouth positively affected their interest in participating in the agricultural sector mediated by the Theory of Planned Behavior variables. The evidence lies in the number of young people who shared their farming activities voluntarily on social media and their involvement in various activities organized by the community.


Abstrak


Sektor pertanian merupakan sektor vital bagi kelangsungan hidup Indonesia. Namun salah satu kendala yang dihadapi adalah kaderisasi petani karena tidak semua generasi muda mau berpartisipasi di sektor ini. Salah satu komunitas yang merespons kondisi ini adalah Aku Petani Indonesia. Komunitas ini melakukan berbagai kegiatan untuk menumbuhkan niat untuk berpartisipasi dalam kegiatan pertanian di kalangan generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mempelajari bagaimana kegiatan tersebut menciptakan word-of-mouth yang dapat menimbulkan niat. Theory of Planned Behavior pada penelitian digunakan sebagai kerangka teoritis. Desain penelitian ini adalah triangulasi konkuren, yaitu menggabungkan data kuantitatif dan kualitatif untuk mendapatkan hasil yang lebih mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan komunitas ini menghasilkan word-of-mouth yang mampu membentuk intensi di kalangan generasi muda. Word-of-mouth yang dihasilkan berpengaruh positif terhadap intensi untuk berpartisipasi di sektor pertanian yang dimediasi oleh variabel Theory of Planned Behavior. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya anak muda yang membagikan kegiatan bertani secara sukarela di media sosial dan keterlibatan mereka dalam berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Octaviana, D. A., Astini, N. M., & Susanto, B. A. (2022). Word-Of-Mouth Sebagai Sarana Pembentukan Intensi Generasi Muda dalam Berpartisipasi Pada Sektor Pertanian. Jurnal Komunikasi Nusantara, 4(2), 163-176. https://doi.org/10.33366/jkn.v4i2.96
Section
Articles

References

Agrozine, R. (2020). Aku Petani Indonesia: Gerakan Regenerasi Penerus Pertanian Indonesia. https://agrozine.id/aku-petani-indonesia-gerakan-regenerasi-penerus-pertanian-indonesia/

Ajzen, I. (2005). Attitudes, personality, and behavior. Mc Graw-Hill.

Ajzen, I. (2020). The theory of planned behavior: Frequently asked questions. Human Behavior and Emerging Technologies, 2(4), 314–324. https://doi.org/10.1002/hbe2.195

Alam, S. S., & Sayuti, N. M. (2011). Applying the Theory of Planned Behavior (TPB) in halal food purchasing. International Journal of Commerce and Management British Food Journal Journal of Islamic Marketing Iss Journal of Islamic Marketing, 21(2), 8–20. http://dx.doi.org/10.1108/10569211111111676%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1108/0070700710746786%5Cnhttp://dx.doi.org/10.1108/17590831211206572%5Cnhttp://

Cam, L. N., Anh, T. T., Massoud, M., & Thanh, X. D. T. (2019). Exploring the impact of traditional and electronic word of mouth on travel intention. Proceedings of the 2019 5th International Conference on E-Business and Applications, 83–87.

Ennew, C. T., Banerjee, A. K., & Li, D. (2000). Managing word of mouth communication: Empirical evidence from India. International Journal of Bank Marketing, 18(2), 75–83. https://doi.org/10.1108/02652320010322985

Fadelis, M. (2021, September 25). Menelisik Minat Generasi Milenial Terhadap Sektor Pertanian Indonesia - Ekonomi | RRI Samarinda |. https://rri.co.id/samarinda/786-ekonomi/1202005/menelisik-minat-generasi-milenial-terhadap-sektor-pertanian-indonesia?utm_source=terbaru_widget&utm_medium=internal_link&utm_campaign=General Campaign

Gulo, W., Harahap, N., & Basri, A. H. H. (2018). Perspektif Generasi Muda Terhadap Usaha Bidang Pertanian Pangan di Kecamatan Moro’o Kabupaten Nias Barat. Agrica Ekstensia, 12(1), 60–71.

Gunawan, I. (2017). Metode penelitian kualitatif: Teori & praktik. Bumi Aksara.

Hakim, R. Al, Mustika, I., & Yuliani, W. (2021). Validitas dan reliabilitas angket motivasi berprestasi. FOKUS, 4(4), 263–268.

Hasan, A. (2010). Marketing dari mulut ke mulut. Media Pressindo.

Jalilvand, M. R., & Samiei, N. (2012). The impact of electronic word of mouth on a tourism destination choice: Testing the theory of planned behavior (TPB). Internet Research, 22(5), 591–612. https://doi.org/10.1108/10662241211271563

Kennedy, J. E., & Soemanagara, R. D. (2006). Marketing communication. PT Bhuana Ilmu Populer.

Mahyarni. (2013). Theory of reasoned action dan theory of planned behavior (Sebuah kajian historis tentang perilaku). Jurnal El-Riyasah, 4(1), 13–23. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/elriyasah/article/view/17/13

Mamman, M., Ogunbado, A. F., & Abu-bakr, A. S. (2016). Factors influencing customer’s behavioral intention to adopt islamic banking in Northern Nigeria: A proposed framework.
Journal of Economics and Finance, 7(1), 51–55. https://doi.org/10.9790/5933-07135155

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage Publications, Inc.

Mukerjee, K. (2020). Impact of self-service technologies in retail banking on cross-buying and word-of-mouth. International Journal of Retail and Distribution Management, 48(5), 485–500. https://doi.org/10.1108/IJRDM-08-2019-0261

Ng, S., David, M. E., & Dagger, T. S. (2011). Generating positive word-of-mouth in the service experience. Managing Service Quality, 21(2), 133–151. https://doi.org/10.1108/09604521111113438

Nugroho, A. D., Waluyati, L. R., & Jamhari. (2018). Upaya memikat generasi muda bekerja pada sektor pertanian di Daerah Istimewa Yogyakarta. JPPUMA: Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik UMA, 6(1), 76–95.

Oktavia, F. (2019). Studi komparatif mengenai word of mouth dan minat beli pada pusat oleh-oleh Pempek Candy dan Pempek Vico Palembang. EXPOSE – Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(1), 49–73.

Pradana, A. W., & Mayangsari, I. D. (2018). Strategi komunikasi Paprici Segar Barokah terhadap generasi muda dalam menumbuhkan minat pertanian. EProceedings of Management, 5(3), 4224–4231.

Rahayu, P., & Edward, M. (2014). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen produk Smartfren Andromax (Studi pada mahasiswa kampus Ketintang Universitas Negeri Surabaya). Universitas Negeri Surabaya, 2(1), 1–16. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/7063

Rahman, S. (2014). Pentingnya ilmu pertanian dan pangan digeluti generasi muda. Jurnal Aplikasi Teknologi Pangan, 3(2), 3–4.

Sadono, D. (2009). Perkembangan pola komunikasi dalam penyuluhan pertanian di Indonesia. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 7(2), 43–56. https://doi.org/10.29244/jurnalkmp.7.2.

Saleh, R., Oktafiani, I., & Sitohang, M. Y. (2021). Sulitnya regenerasi petani pada kelompok generasi muda. Jurnal Studi Pemuda, 10(1), 1–17. https://doi.org/10.22146/studipemudaugm.62533

Setiawati, A. D. (2017). Pengaruh Keunikan Produk, Kualitas Layanan, dan Word of Mouth (WOM) Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Rumah makan Mie Endes Jombang). Doctoral dissertation, STIE PGRI Dewantara.

Siregar, S. (2020). Metode penelitian kuantitatif dilengkapi dengan perbandingan perhitungan manual & SPSS. Prenadamedia Group.

Sudaryono. (2019). Metodologi penelitian: Kuantitatif, kualitatif, dan mix method. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian manajemen. Penerbit Alfabeta Bandung.

Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif. Penerbit Alfabeta.

Sunyoto, D. (2018). Konsep dasar riset pemasaran & perilaku konsumen. PT Buku Seru.

Suryadi, E., Darmawan, D., & Mulyadi, A. (2019). Metode penelitian komunikasi dengan pendekatan kuantitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Susilowati, S. H. (2016). Farmers aging phenomenon and reduction in Young labor: Its implication for agricultural development. Forum Penelitian Agro Ekonomi, 34(1), 35–55.

Talwar, M., Talwar, S., Kaur, P., Islam, A. K. M. N., & Dhir, A. (2021). Positive and negative word of mouth (WOM) are not necessarily opposites: A reappraisal using the dual factor theory. Journal of Retailing and Consumer Services, 63, 1–12. https://doi.org/10.1016/j.jretconser.2020.102396

Tracy, S. J. (2013). Qualitative research methods: Collecting evidence, crafting analysis, communicating impact. Blackwell Publishing Ltd.

Wangenheim, F. V. (2005). Postswitching negative word of mouth. Journal of Service Research, 8(1), 67–78. https://doi.org/10.1177/1094670505276684

Widjaja, A. T. (2016). Pengaruh word of mouth dan electronic word of mouth terhadap purchase intention: Sebuah studi kasus mengenai perilaku konsumen terhadap jasa ojek online GOJEK. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 53(12), 241–253.

Widyawati, R. F. (2017). Analisis keterkaitan sektor pertanian dan pengaruhnya terhadap perekonomian Indonesia (Analisis input ouput). Jurnal Economia, 13(1), 14–27. https://doi.org/10.21831/economia.v13i1.11923